Cara Agar Bibir Tidak Kering

Kulit bibir merupakan salah satu kulit yang paling berbeda dan paling sensitif diantara kulit bagian lainnya. Sehingga cara merawatnya juga tidak sama. Kesehatan bibir sangat diperhatikan, karena bibir berada dibagian wajah yang selalu diperhatikan orang lain. Anda biasanya akan merasa terganggu dan kurang percaya diri apabila terdapat masalah dengan bibir anda, terutama masalah bibir kering. Jadi, tidak mengherankan jika orang banyak mencari cara agar bibir tidak kering dan membuat mereka lebih nyaman beraktivitas.

Cara Agar Bibir Tidak Kering

Lalu, bagaimanakah cara agar bibir tidak kering? Berikut pembahasannya untuk anda yang sedang merasa terganggu dengan bibir kering.

1. Jauhi Minuman yang Asam
Minuman asam sangat mungkin untuk membuat bibir anda menjadi kering dan iritasi. Minuman seperti ini juga bisa mengakibatkan bibir kering, hingga pecah-pecah. Jadi menghindari minuman asam salah satu cara agar bibir tidak kering.

2. Hindari Makanan yang Terlalu Asin
Makanan yang terlalu asin bekerja menyerap cairan di dalam tubuh. Jadi makan makanan yang asin sangat memungkinkan untuk membuat bibir anda menjadi kering hingga pecah-pecah.

3. Hindari Makanan yang Terlalu Pedas
Selain makanan yang terlalu asin, makanan yang terlalu pedas juga bisa membuat bibir anda menjadi kering dan pecah-pecah.

4. Hindari Lipstick dengan Pewarna Sintetis
Ada beberapa produk lipstick yang warnanya berasal dari pewarna sintetis. Hal ini bisa mengakibatkan bibir anda kering dan iritasi. Ini merupakan salah satu cara agar bibir tidak kering yang juga perlu diperhatikan.

5. Jangan Menjilat Bibir Anda
Menjilat bibir adalah salah satu kebiasaan yang sulit anda hindari ketika anda merasa bibir anda kering. Tetapi, menjilat bibir anda hanya akan membuatnya semakin kering karena enzim yang ada pada air liur anda bisa merusak pelindung bibir anda. Jadi, sepertinya sudah saatnya untuk meninggalkan kebiasaan anda.

6. Mengkonsumsi Buah dan Sayuran
Makanan ini sangat baik untuk kesehatan bibir anda. Buah dan sayur-sayuran sangat baik untuk mencukupi kebutuhan cairan anda sehingga anda akan terhindar dari dehidrasi.

7. Hindari Merokok
Selain membuat bibir anda hitam, merokok juga bisa membuat bibir anda kering hingga pecah-pecah. Bahan-bahan kimia yang terkandung pada rokok sangat tidak baik untuk kesehatan bibir anda.

8. Jangan Tidur dengan Mulut Terbuka
Meskipun sulit untuk mengkontrol hal tersebut, tetapi tidur dengan mulut terbuka juga bisa mengakibatkan bibir anda kering. Hal ini karena pada saat mulut anda terbuka, maka terjadi sirkulasi udara pada mulut anda, dan sirkulasi tersebut menyebabkan bibir anda menjadi kering.

Itulah beberapa cara agar bibir tidak kering yang bisa anda lakukan sendiri untuk melakukan pencegahan. Seluruh bagian pada tubuh anda perlu diperhatikan kesehatannya meski hal kecil seperti bibir. Karena ketika salah satu bagian dari tubuh anda sakit, maka akan berpengaruh pada bagian tubuh yang lain juga, baca juga cara mengatasi bibir kering dan hitam dan tips memilih lipstick yang cocok untuk bibir kering. Semoga bermanfaat.