Cara Mudah Merawat Kuku Kaki Tanpa Ke Salon

Meskipun kuku hanya bagian kecil pada tubuh, tetapi kebersihan dan kesehatan kuku patut untuk diperhatikan. Tidak indah rasanya jika anda telah berpenampilan bagus tetapi kuku anda kurang bersih dan terawat, terutama kuku kaki. Cara merawat kuku kaki juga cukup sederhana dan tidak terlalu neko-neko, asal anda berniat untuk melakukannya.

Cara Mudah Merawat Kuku Kaki Tanpa Ke Salon

Mungkin anda berpikir memotong kuku saja sudah cukup, tetapi ternyata banyak hal yang harus anda perhatikan untuk melakukan perawatan pada kuku, terutama kuku kaki. Berikut adalah cara merawat kuku kaki yang bisa anda praktekkan di rumah:

1. Memotong Kuku
Ini adalah cara yang paling umum dilakukan. Potong kuku anda ketika sudah mulai panjang. Selain untuk menjaga kebersihan, memotong kuku juga membuat anda lebih bebas bergerak dan beraktivitas.

2. Merendam Kuku di Air
Salah satu cara merawat kuku kakiyang sebaiknya anda lakukan adalah merendam kuku dengan air garam dan kelopak mawar. Lalu menyikat bagian kuku dengan sikat yang halus untuk membuang sel kulit mati. Setelah itu, keringkan kuku dengan handuk dan untuk hasil yang lebih maksimal bisa diberikan pelembab kuku.

3. Gunakan Pelapis Kuku (Coating Nail)
Produk pelapis kuku ini biasanya dijual di Salon ataupun took yang menjual alat-alat kecantikan. Pelapis kuku ini berfungsi melindungi kuku dari kerusakan. Tetapi, cara merawat kuku kakiyang satu ini masih belum terlalu familiar untuk masyarakat Indonesia.

4. Menjaga Asupan Nutrisi
Nutrisi yang terjaga dari makanan sehat dan minum cukup yang anda konsumsi juga berhubungan dengan kesehatan kuku anda. Jika asupan nutrisi bagus, makan kuku anda akan indah dan sehat secara alami.

5. Hindari Memotong Kutikula
Hal ini karena kutikula berperan sebagai pelindung alami kuku dari serangan infeksi. Untuk menjaga kutikula, anda bisa memijat atau mendorong lembut kutika dengan menggunakan stik yang diproduksi khusus untuk kutikula.

6. Membersihkan Kuku dengan Lemon
Campurkan satu sendok makan sari lemon dengan pasta gigi yang mengandung pemutih secukupnya. Lalu oleskan pada kuku dan diamkan beberapa saat dan terakhir bersihkan dengan air hangat. Cara ini bagus untuk merawat keindahan kuku kaki dan membuat warnanya lebih putih dan bagus.

7. Membersihkan Kuku dengan Kulit Semangka
Cara merawat kuku kaki dengan kulit semangka cukup dengan menggosokkan bagian dalam dari kulit semangka, dan bila dirasa sudah cukup tinggal dibersihkan dengan air.

8. Belimbing Wuluh
Gosokan irisan belimbing wuluh dipermukaan kuku dan tunggu beberapa saat. Lalu bersihkan kuku dengan air dan kuku anda akan bersih dan mengkilap.

9. Bawang Putih
Ternyata, bawang putih bisa digunakan untuk memperkuat kuku. Parut bawang putih secukupnya dan oleskan pada kuku lalu tunggu beberapa menit. Terakhir tinggal bilas kuku dengan air bersih.

Itulah beberapa cara merawat kuku kaki yang bisa anda lakukan sendiri tanpa perlu melakukan pedicure manicure di salon. Selamat mencoba dan mendapatkan hasil kuku dan lebih bersih dan kuat terawat.