Penyebab Rambut Rontok Berlebihan

Tidak ada orang yang menyukai jika mempunyai masalah dengan rambut, terlebih lagi rambut rontok. Selain karena tidak sehat, rambut rontok jug mengganggu penampilan. Rambut rontok juga membuat anda merasa malas menyisir rambut, karena melihat rambut anda berjatuhan dan mengotori lantai. Sebenarnya, apa penyebab rambut rontok berlebihan? Pasti anda pernah berpikiran seperti itu. Padahal anda sudah menggunakan shampoo yang tidak murah lengkap dengan kondisionernya.

Penyebab Rambut Rontok Berlebihan

Ternyata, penyebab rambut rontok berlebihan tidak hanya berhubungan dengan shampoo yang anda gunakan. Masih banyak faktor lain yang bisa menjadi penyebab rambut rontok berlebihan yang perlu anda ketahui. Berikut ulasannya untuk anda:

1. Kekurang Vitamin
Rambut rontok juga dipengaruhi oleh kandungan vitamin dan gizi yang anda konsumsi dari makanan. Jadi, penuhilah kebutuhan vitamin dan gizi anda dengan pola makan dan seimbang dengan memperbanyak konsumsi sayur dan buah.

2. Kulit Kepala Tidak Sehat
Hal ini juga bisa menjadi penyebab rambut rontok berlebihan. Jika kulit kepala tidak sehat, maka rambut juga tidak bisa hidup dengan sehat pula.

3. Jarang Keramas
Jarang keramas menyebabkan rambut lembab dan berminyak terlebih lagi jika terkena paparan sinar matahari dan membuat akar rambut bercampur dengan keringat. Keringat tersebut bisa terserap dan menyebabkan rambut lepek dan rontok.

4. Mencatok Rambut
Salah satu cara styling pada rambut ini memberikan efek yang tidak baik untuk rambut mencatok rambut yang dekat dengan akar rambut. Ini akan menyebabkan akar rambut menjadi tidak kuat dan kering. Sehingga menyebabkan kerontokan.

5. Hormon
Penyebab rambut rontok berlebihan juga berkaitan dengan hormon. Ketidakseimbangan hormon biasanya mulai terlihat pada usia di atas 35 tahun. Semakin tua seseorang, maka akan semakin jelas juga perubahan hormonnya. Jadi tidak heran jika orang tua mengalami kerontokan rambut.

6. Mengikat Rambut Terlalu Kencang
Ketika rambut diikat terlalu kencang, akar rambut yang menancap dikulit kepala juga ikut tertarik. Sebaiknya, jangan terlalu sering mengikat rambut anda juga.

7. Stress
Kondisi perasaan dan mood yang tidak baik juga mempengaruhi rambut anda. Karena ketika anda sedang stress, otot syaraf yang ada di kepala ikut menegang dan menyebabkan akar syaraf rambut menjadi rapuh.

8. Penyakit dan Infeksi
Ada beberapa penyakit yang bisa menjadi penyebab rambut rontok berlebihan, seperti penyakit diabetes dan penyakit lupus. Infeksi pada kulit kepala juga bisa menyebabkan kerontokan. Infeksi ini biasanya disebabkan oleh sesuatu.

9. Bahan Kimia
Bahan kimia ini bisa terkandung dalam bahan pewarna rambut atau yang lainnya. Jadi jika anda ingin mewarnai rambut, pilihlah produk pewarna yang tidak merusak rambut anda.

Itulah beberapa penyebab rambut rontok berlebihan yang sebaiknya anda ketahui, sehingga anda bisa menjauhinya untuk menjaga kesehatan rambut anda. Semakin cepat anda tahu, semakin cepat juga anda jauh dari masalah kerontokan rambut. Semoga bermanfaat.